Teknik Dasar

Bermain Gitar sangat asyik, tetapi pasti bosan deeh kalo setiap hari pegang gitar cuma genjreng genjreng'an aja ( bahasa mana tuh hehe :p ) , Pengen kan bisa bermain melody atau improvisasi Seperti para Gitaris-Gitaris Artis indonesia ?? Naah tepatnya di Blog ini saya akan jelaskan Teknik Dasar agar bisa ber'improvisasi saat bermain gitar .
Diawal, saya akan menjelaskan teknik dasar yang WAJIB dimiliki oleh para gitaris untuk bisa bermain melody. Bermain melody tidak lah asal asalan, tetapi harus menggunakan Scale dan Feeling yang tepat . tetapi sebelumnya, apa itu scale?
Scale ialah sebuah jalur dalam bermain melody, adapun macam macam scale seperti Major scale, Minor Scale, Blues scale, Chromatic Scale, dan masih banyuaak lagiii . .
Whew Banyak nya, Tapi Tenang sajaa, untuk bermain improvisasi dasar, yang anda butuhkan hanya Major & Minor Scale .
Sobat pasti sudah tau yang namanya Tangga Nada kan ( do-re-mi )? nah itu sangat penting untuk improvisasi melody .
Nihh berikut Urutan Tangga nada untuk Major :
Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do (0-2-4-5-7-9-11-12) -> Untuk di grip gitarnya
Sedangkan Urutan Tangga nada untuk Minor :
La-Si-Do-Re-Mi-Fa-Sol-La  (0-2-3-5-7-8-10-12) -> Untuk di grip gitarnya

Jadi Cuma Beda Penempatan awalnya saja Mas Broo . . .
Untuk Pemahaman lebih, Silahkan Lihat dan Ikuti Video Di bawah ini . .
Jalur Major

Jalur Minor
Simpel kan? naah itu Bermain Melody Kunci Dasar E . . sedangkan ada 12 Kunci Dasar untuk patokan Bermain Melody, yaitu :  A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G#
Nah dan yang paling penting untuk bermain improvisasi dalam sebuah lagu, Sobat Harus Mengetahui Kunci Dasar Dari Lagu Tersebut . Bagaimana cara mengetahuinya ?? yaa sebelum bermain melody sobat pasti sudah bisa mengulik lagu kan? atau search di internet aja untuk kunci lagu tersebut hhe :p
Jika Lagu yang ingin sobat latih main melody nya itu Kunci Dasarnya G, maka sobat harus memulai Jalur Major/Minor mulai dari Grip G, Begitu juga dengan Kunci Dasar yang lain . Mudah Sekali Bukan ?? Dengan Menguasai Materi ini, Sobat Pasti Sudah Bisa Bermain/Improving Melody. Sobat Tinggal Melancarkan Jari jari sobat dengan banyak melakukan Senam Jari/Heat up dan hafalkan jalurnya .
Sekian dan Salam dari saya, Good Luck Practicing :D

1 komentar:

AGL - Team Says:
15 Februari 2015 17.40

Nice artikel bro, salam kenal dan mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
trims

Poskan Komentar